Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda Pada Ibu

Masa kehamilan memang adalah masa yang cukup rentan bagi para wanita. Banyak hal-hal yang bisa saja mengganggu kelancaran kehamilan seorang ibu salah satunya adalah keputihan. Masalah-masalah keputihan saat hamil muda cukup sering terjadi. Anda dapat melihat gejala-gejala keputihan ini setelah masa menstruasi, biasanya akan muncul cairan bening atau kekuning-kuningan yang sedikit kental dan kadang encer. Namun bila ada gejala-gejala seperti cairan berbentuk lengket, berbau, dan organ kewanitaan terasa gatal, bahkan berasa panas atau nyeri saat melakukan buang air kecil maka bisa jadi itu adalah tanda-tanda keputihan yang mulai tidak normal. Nah, gejala-gejala seperti ini biasanya sering terjadi pada masa-masa awal kehamilan atau pada trismester awal.

Keputihan Saat Hamil Muda

Mengatasi Gejala Keputihan Saat Hamil Muda

Bila anda mengalami gejala-gejala keputihan saat hamil muda ini, maka yang pertama anda perlu lakukan adalah memeriksakannya ke bidan atau dokter pribadi anda. Setelah mengetahui lebih lanjut tentang gejala keputihan yang anda alami. Anda juga perlu mengetahui beberapa cara mengatasi keputihan saat hamil ini agar tidak terjadi hal yang lebih buruk terutama untuk janin anda.Berikut ini adalah bagaimana mengatasi saat hamil:

  1. Menjaga Kebersihan organ intimHal ini sangat penting untuk menghindari dan mengatasi masalah keputihan saat hamil muda. Kebersihan organ intim akan membantu anda terhindar dari bakteri-bakteri yang berkembang di organ intim anda. Menjaga kebersihan ini dapat anda mulai dengan mencuci organ intim setelah buang air dengan bersih dan lakukan secara searah. Utamakan membersihkan dengan air bersih tanpa sabun atau cairan pembersih kewanitaan yang dijual secara bebas. Kebersihan celana dalam juga perlu anda perhatikan dan juga menggantinya secara rutin.
  1. Menjaga dan mengatur pola makanPola makan sangat berpengaruh pada apa yang terjadi pada tubuh kita. Anda perlu menjauhi atau mengurangi makanan-makanan seperti fast food, junk food, dan makanan lain yang tidak baik tubuh. Makanan-makanan yang manis dan banyak mengandung kafein juga perlu dihindari karena menyebabkan dan memicu munculnya bakteri-bakteri yang menyebabkan keputihan.
  1. Mengurangi stressStress ternyata juga menjadi salah satu penyebab timbulnya keputihan. Untuk itu menjaga pikiran agar lebih rileks juga perlu dibiasakan agar tidak menimbulkan gejala-gejala keputihan. Selain pikiran, anda juga perlu mengurangi hal-hal yang membuat perasaan anda tertekan.
  1. Cara lain yang dapat anda pilih adalah dengan menggunakan obat-obatan herbal seperti Mustika Dara. Obat herbal Mustika Dara mengandung beberapa bahan-bahan herbal yang salah satunya adalah getah Majakani. Getah Majakani inilah yang baik dan bagus untuk membantu menjaga kesehatan organ intim kewanitaan anda. Selain getah Manjakani, Mustika Dara juga mengandung asid tanik, tannin, antioksidan, kalsium, serat, dan vitamin seperti vitamin A & C.

Beberapa cara untuk mengatasi dan menghindari keputihan tadi penting untuk dipertimbangkan dan dilakukan saat anda melihat gejala-gejala keputihan pada organ kewanitaan karena jika dibiarkan terus menerus keputihan yang terjadi pada masa kehamilan anda ditakutkan akan mengganggu perkembangan janin selain itu anda juga akan merasa risih untuk bergerak. Bahkan ada beberapa orang yang bertanya-tanya apakah keputihan bisa hamil? Jawabannya adalah bisa, namun tentu saja anda perlu melakukan beberapa cara mengatasi keputihan saat hamil mudadi atas. Jangan sampai keputihan saat hamil muda yang anda alami menjadi lebih buruk karena tidak ada tindak lanjut yang anda lakukan. Akan lebih baik lagi bila anda mengkonsultasikan masalah keputihan anda ini dengan segera kepada bidan atau dokter persalinan pribadi setelah melihat gejala keputihan pada organ kewanitaan. Anda dapat order melalui sms dan WhatsApp di nomor 0821-1220-6363.

Anda Mungkin Juga Menyukai: