Apa Penyebab Keputihan Berwarna Coklat?

Keputihan Berwarna Coklat – Keputihan atau dalam istilah medis dikenal dengan leukorea sering terjadi pada wanita di segala usia. Keputihan secara normal terjadi karena proses alami untuk mengeluarkan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar serviks dan vagina. Namun, keputihan lain yang terjadi karena gejala abnormal, biasanya keputihan berwarna coklat, yang mana hal tersebut menunjukkan pertanda tertentu pada tubuh. Keputihan memang merupakan proses yang alami dilakukan oleh tubuh atau organ tertentu yang bertujuan untuk menjaga vagina agar tetap bersih dan menjaga kesehatan pada area vagina dengan membawa sel mati dan bakteri keluar. Hal tersebut biasanya sering terjadi pada periode menstruasi atau periode kehamilan.

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa keputihan normal yang paling sering terjadi yaitu keputihan dengan cairan yang berwarna putih seperti susu, dan hal itu merupakan keputihan yang normal. Namun, jika keputihan tersebut berwarna, bisa berwarna kecoklatan, kuning kehijauan, dan sebagainya, dan jika keputihan diikuti dengan rasa gatal, berbau tidak sedap dan gejala-gejala lainnya, hal tersebut menunjukkan pertanda gangguan kesehatan yang dialami tubuh anda. Jangan remehkan kondisi tersebut, karena beberapa keputihan yang tidak normal tersebut dapat menunjukkan bahwa anda terjangkit penyakit yang jika dibiarkan dapat memperparah kondisi kesehatan anda. Untuk kondisi tersebut, anda harus melakukan penanganan lebih lanjut. Tapi sebelumnya, perlu anda ketahui penyebab-penyebab keputihan.

Keputihan Berwarna Coklat

Beberapa Faktor Keputihan Berwarna Coklat

Keputihan berwana coklat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :

  • Kehamilan : keputihan yang berwarna umumnya coklat muda dapat menunjukkan salah satu pertanda kehamilan. Karena sel telur yang mengalami proses pembuahan di Rahim menimbulkan sedikit pendarahan. Cairan keputihan yang keluar bisa berwarna merah atau merah muda dan umumnya berwarna coklat muda.
  • Vaginitis atropi : vaginitis atropis ini yaitu peradangan yang terjadi pada vagina akibat produksi lubrikasi yang menurun atau jaringan otot yang rusak. Gejala yang terjadi pada kondisi ini antara lain, vagina akan terasa kering dan perih, sakit pada vagina saat berhubungan intim, dan cairan yang keluar berwarna kuning, atau coklat dan berbau tidak sedap.
  • Polip Rahim (uterus) : Polip Rahim adalah jaringan tumor yang tumbuh dan terjadi di lapisan dalam Rahim, atau endometrium. Karena terjadi di endometrium, sering disebut juga polip endometrium. Kondisi ini dapat menimbulkan siklus menstruasi yang tidak teratur, pendarahan, dan terjadi keputihan yang umumnya berwarna coklat.
  • Kanker : keputihan berwarna coklat juga bisa menjadi pertanda adanya kanker, yaitu kanker serviks. Namun, anda juga perlu memperhatikan gejala lainnya, seperti berat badan yang menurun drastis, nafsu makan hilang, mudah letih, dan sakit di area tungkai dan pinggul.
  • Infeksi menular seksual (IMS) : waspadai juga bahwa keputihan bisa menunjukkan adanya penyakit infeksi menular seksual.

Penanganan Keputihan Berwarna Coklat

Beberapa penyebab dan kondisi di atas perlu penanganan yang serius dan pengobatan yang benar. Karena bisa jadi keputihan, baik keputihan berwarna coklat atau keputihan yang tidak normal yang anda alami bukan keputihan biasa. Menemui dokter bisa menjadi jalan yang terbaik. Atau anda dapat mengkonsumsi obat-obatan herbal yang disarankan, salah satunya obat herbal mustika dara. Solusi keputihan dengan obat herbal mustika dara bisa menjadi pilihan anda, karena kandungan dan khasiatnya. Komposisi obat herbal mustika dara yaitu 48mg Uncaria Gambir, 30mg Quercus Lusitanica/manjakani, dan 32mg Oleum Cocos/minyak kelapa yang tentu sangat berguna khususnya untuk para wanita dan jika dikonsumsi secara teratur dapat membersihkan organ intim wanita, melancarkan haid dan siklus lebih teratur,dan dapat mengencangkan vagina. Itulah ulasan mengenai penyebab keputihan berwarna coklat, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Anda dapat order melalui sms dan WhatsApp di nomor 0821-1220-6363.

Anda Mungkin Juga Menyukai: